Wednesday 31 August 2016

KUE PEPE / LAPIS SAGU KHAS BETAWI


Assalamualaikum..


Hari ini mau bikin cemilan, tapi yang bahannya ada di rumah aja dan yang murah meriah. Pilihannya jatuh ke lapis sagu atau biasa disebut oleh orang Betawi Kue Pepe. Ini adalah sejenis kue basah yang sering kita temui di pasar atau toko kue tradisional. Kuenya terdiri dari lapisan-lapisan tipis, berwarna-warni, kadang ada yang warna hijau-putih, coklat-putih, bahkan pink-hijau-putih. Kue lapis ini setau saya resepnya macam-macam, ada yang menggunakan tepung sagu, ada pula yang menggunakan tepung beras atau yang biasa disebut kue lapis tepung beras. Yang menggunakan tepung beras ini teksturnya tidak terlalu kenyal, dan rasanya juga hanya perpaduan antara santan dan wangi daun pandan. Agak berbeda dengan kue pepe yang teksturnya sangat kenyal dan lengket, warnanya juga terlihat lebih agak bening. Rasanya tentu saja terdiri dari santan dan aroma pandan juga, namun yang istimewanya ada aroma daun jeruk yang kuat dan sangat menggoda. Itu mengapa saya lebih menyukai kue lapis yang berbahan dasar tepung sagu dibandingkan tepung beras, walaupun yang tepung beraspun saya juga suka sekali..hehe. Salah satu kesulitan dalam pembuatan kue ini adalah kita harus sabar membuat lapisannya satu-persatu dan menunggu setiap lapisan cukup matang untuk dituang adonan selanjutnya. Selain itu juga kita harus sabar untuk menunggu si kue ini dingin sempurna sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong. Tadi saya agak kurang sabar untuk segera memotong kuenya karena si kakak udah ingin buru-buru mencicipi, akhirnya saya jadi sangat kesulitan memotong adonan dan kuenya pun menjadi gak beraturan bentuknya karena kue masih sangat lengket dan lembek. Jadi kunci tunggu hingga kue benar-benar dingin, kurang lebih 5-8 jam sejak diangkat dari kukusan. Kemudian potong-potong kue menggunakan pisau plastik atau pisau biasa yang dilapisi plastik bening. Jangan coba-coba memotong di saat kue masih panas jika tidak ingin bentuknya hancur. Biasanya jika ingin dijual, kue dibungkus per potongnya menggunakan plastik agar tidak saling menempel kembali dan mudah untuk dipegang. Untuk yang ingin mencoba membuat kue ini sendiri di rumah, yuk intip resepnya!

Kue Pepe/ Lapis Sagu



Bahan:
500 gr tepung sagu
50 gr tepung hun kwee warna putih
1 1/2 sdt garam
800 ml Santan dari 1 1/2 butir kelapa (aku pakai 200 ml santan instan + 600 ml air
pasta pandan secukupnya
pewarna merah secukupnya (aku pink)
Bahan Sirup:
500 ml air
500 gr Gula pasir
2 lbr daun pandan
10 lbr daun jeruk, buang tulangnya

Cara Membuat:
1. Rebus bahan sirup dengan api kecil sampai agak kental. Saring, biarkan hangat.
2. Campur tepung sagu, hunkwee, dan garam. 
3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai larut. sisihkan
4. Tuang sedikit - sedikit adonan sirup ke campuran tepung sagu. Aduk rata. Ambil 600 ml adonan,beri pasta pandan. Satu bagian lagi dibiarkan putih.
5. Tuang 100 ml adonan putih ke loyang ukuran 20x20x7 cm (aku pakai loyang bulat 22 cm) yang dialas plastik. Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 100 ml adonan putih. Kukus 5 menit. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit. Tuang lagi 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit, begitu seterusnya. Terakhir tuang adonan putih yang dicampur dengan pewarna merah. Kukus 20 menit diatas api sedang sampai matang. 
6. Dinginkan. Potong - potong.

Tips:
1. Tunggu sampai benar - benar dingin, baru keluarkan dari loyang dan dipotong - potong (sekitar 5 - 8 jam).
2. Potong kue dengan menggunakan pisau yang dibungkus plastik.
3. Saat melapis kue, jangan mengukus tiap lapis terlalu lama agar lapisan tidak mengelupas. sebaiknya saat lapisan sudah keliatan mengkilap segera tuang lapisan berikutnya secara perlahan.


#kuepepe #kuelapis #kuelapissagu #lapissagu #resepkuepepe #reseplapissagu #resepkuelapis #makananenak #resepmasakan #resepkue #berbagiresep #masakanindonesia #makananindonesia #indonesianfood #makanan #masakan #kue #hobimasak #hobimakan #homemade #homemadefood #masakanrumahan #food #foodies #foodphotography #foodporn #foodgasm #foodaddict #foodshare #foodlover #recipes #sharerecipes #jillkitchen

No comments:

Post a Comment